June 9, 2013

Manfaat buah alpukat terhadap kesehatan



Manfaat Buah Alpukat

Manfaat buah alpukat - Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang manfaat buah alpukat karena mempunyai kandungan lemak sehat. Tetapi selain manfaat buah alpukat tersebut ternyata ada juga keuntungan dari manfaat buah alpukat lainnya. 


Untuk mengetahui manfaat buah alpukat ini, sebuah lembaga yang bernama Hass Avocado Board (HAB) melakukan penyelidikan/penelitian lebih lanjut mengenai manfaat buah alpukat lainnya. Terutama tentang manfaat buah alpukat untuk penyakit kardiovaskular, masalah berat badan, diabetes, dan penyerapan nutrisi dalam tubuh. 

Pada bulan November 2012 HAB mengeluarkan hasil studinya mengenai manfaat buah alpukat. pada penelitian ini ditemukan bahwa makan 1,5 buah alpukat bersama dengan hamburger menghambat penyerapan senyawa interleukin-6 (IL-6) dibandingkan tanpa memakan buah alpukat. 


Menurut penelitinya ,David Heber, MD, PhD,menemukan manfaat buahh alpukat untuk kesehatan pembuluh darah dan untuk kesehatan jantung. Seperti yang dilansir dalam Medical News Today 2:

diterjemahkan
"Para peneliti mengamati peningkatan IL-6 sebanyak 70% empat jam setelah burger polos dimakan, tapi tidak pada IL-6  yang hanya meningkat 40%  pada waktu yang sama ketika alpukat segar dimakan dengan burger.

        Selain itu, studi ini menemukan bahwa ketika alpukat segar dimakan dengan burger itu, tidak ada peningkatan kadar trigliserida melampaui apa yang diamati setelah makan burger saja, meskipun ada kalori ekstra dan lemak dari alpukat segar ...

        Studi ini  juga menemukan bahwa perbedaan dalam aliran arteri perifer darah (pergerakan darah ke berbagai bagian tubuh, yang diukur dengan PAT), prediktor kesehatan pembuluh darah, setelah makan makan hamburger dibandingkan dengan makan alpukat dengan hamburger mendekati signifikansi statistik ...

        Skor PAT menurun secara signifikan (menandakan berkurangnya aliran darah) hanya setelah burger polos dimakan (kira-kira 27 persen penurunan, rata-rata) dibandingkan dengan burger dengan alpukat segar (sekitar penurunan 4 persen, rata-rata, menandakan penurunan kurang dalam aliran darah ). " 

Kandungan Nutrisi Buah Alpukat 

Alpukat sudah dikenal sebagai buah dengan kandungan lemak tak jenuh yang tinggi. lemak ini mudah dibakar dan berubah menjadi energi. Selain itu buah alpukat juga memiliki kadar kalium yang tinggi yang bermanfaat untuk diseimbangkan dengan natrium.


Salah satu cara untuk melakukan diet adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat. karbohidrat adalah salah satu sumber energi terbesar dalam tubuh kita. Karenanya mungkin orang yang melakukan diet perlu memakan alpukat dengan kandungan lemak tak jenuh tinggi sebagai pengganti karbohidrat. Ini berarti manfaat buah alpukat adalah juga mengganti makanan pokok (karbohidrat). 


Ada juga studi yang mengatakan bahwa memakan protein yang banyak dapat memicu kanker. Saat ini terlalu banyak orang yang mengonsumsi makanan berkualitas rendah. Contohnya daging sapi dan produk hewan lainnya yang berasal dari peternakan yang mempunyai tempat yang terbatas.  Sekali lagi, lemak tak jenuh pada buah alpukat dapat mengganti protein yang kurang. 


Berdasarkan hasil studi di California Avocado Comission tentang kandungan nutrisi pada buah alpukat menemukan bahwa sebuah alpukat berukuran sedang, mempunyai kandungan lemak 22,5 gram dan juga mempunyai kandungan fruktosa yang rendah. Selain itu buah alpukat mempunyai 20 nutrisi penting diantaranya:
  • Serat
  • Kalium (lebih dari dua kali jumlah yang ditemukan dalam pisang)
  • Vitamin E
  • Vitamin B
  • Asam folat
Ini menjadikan manfaat buah alpukat lebih besar. Peneliti juga menemukan, bahwa buah alpukat adalah salah satu buah yang tidak terlalu dipengaruhi oleh pestisida. karena kulitnya di luar sudah melindungi seluruh daging buah yang ada di dalam. Sehingga Anda tidak perlu membeli yang organik kecuali anda mampu membelinya. Dapat disimpulkan selain ada manfaat buah alpukat untuk kesehatan juga bersahabat dengan dompet Anda.

Manfaat buah alpukat untuk kesehatan 

Ada banyak sekali manfaat buah alpukat untuk kesehatan. Misalnya, selain sifat anti-inflamasi, penelitian sebelumnya dari Jepang menunjukkan buah ini juga dapat membantu mencegah kerusakan hati. Dalam suatu studi laboratorium, 4 tikus diberi makan alpukat dan 22 tikus diberi makan buah lainnya. Tikus-tikus itu kemudian diberi D-galactosamine, racun hati yang ampuh untuk mengganggu sel dan menyebabkan kematian sel. Para tikus yang diberi makan alpukat menderita lebih sedikit jumlah kerusakan hati. Sehingga para peneliti menyarankan alpukat berpotensi memberikan dukungan dalam pengobatan virus hepatitis. Menurut salah satu peneliti Hirokazu Kawagishi, Ph.D:

     "Selain menawarkan rasa dan gizi, alpukat terlihat memperbaiki kesehatan hati. Orang harus makan buah ini lebih banyak. "

Karena mempunyai kandungan lemak, alpukat juga memungkinkan tubuh Anda untuk lebih efisien menyerap nutrisi yang dapat larut dalam lemak (seperti alpha dan beta karoten dan lutein). Suatu studi di tahun 2005 menemukan bahwa menambahkan alpukat untuk salad memungkinkan mereka untuk menyerap tiga sampai lima kali lebih banyak karotenoid (molekul antioksidan), yang membantu melindungi tubuh Anda terhadap kerusakan akibat radikal bebas. Ini berarti manfaat buah alpukat juga dapat dirasakan secara tidak langsung. Penelitian lain telah menemukan bahwa:

Mengandung senyawa yang muncul untuk menghambat dan menghancurkan sel-sel kanker mulut.

Dapat membantu meningkatkan lipid pada individu sehat. Dalam satu studi, 8 orang yang sehat melihat penurunan 16 persen dari kadar kolesterol setelah mengikuti diet lama satu minggu dengan makan makanan yang tinggi lemak tak jenuh tunggal dari alpukat. Pada mereka dengan kadar kolesterol tinggi, diet alpukat mengakibatkan penurunan 17 persen dari kolesterol total serum, dan penurunan 22 persen dari kedua kolesterol.

Demikianlah Informasi kali ini tentang manfaat buah alpukat.


Manfaat Buah Alpukat

0 comments:

Post a Comment