June 14, 2013

5 Manfaat Buah Tomat yang Tidak Diketahui



Manfaat buah tomat
Manfaat buah tomat atau manfaat sayur tomat, tetapi faktanya tomat adalah buah dan masih merupakan saudara dari jeruk. Tomat merupakan makanan yang serbaguna, bisa dimakan mentah pada sandwich, menjadi bumbu masakan, di jus bahkan bisa dimakan langsung. Selain enak dikonsumsi ternyata manfaat buah tomat juga "enak". Sebelum masuk ke pembahasan manfaat buah tomat ada baiknya kita membahas kandungan gizi pada tomat.


Kandungan Gizi Tomat

1 buah tomat berukuran sedang mengandung:

  1. 22 kalori
  2. 0g lemak
  3. 5g karbohidrat
  4. 1g serat
  5. 1g protein
  6. 6mg sodium

Selain itu kandungan vitamin dan mineralnya juga mencukupi sekian persen kebutuhan sehari-hari. Yakni:

  1. 40% vitamin C
  2. 20% vitamin A
  3. 2% zat besi
  4. 1% kalsium

Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Tomat untuk menangkal kanker

Sejumlah penelitian telah menyelidiki manfaat buah tomat untuk menangkal kanker dan menyimpulkan orang yang memakan tomat lebih rendah resikonya untuk terkena kanker terutama kanker paru-paru, kanker lambung, dan kanker prostat. Sebuah zat yang bernama lycopene diduga penyebab ini semua. Memakan tomat dengan minyak zaitun membantu lycopene diserap tubuh lebih baik.

Manfaat Buah Tomat untuk mencegah kerusakan DNA

Kandungan vitamin A dan C pada tomat membantu melawan radikal bebas. Hal ini dapat mencegah kerusakan DNA. Kerusakan DNA sering terjadi pada orang tua yang menyebabkan asterosklerosis dan diabetes.

Manfaat Buah Tomat untuk menurangi resiko penyakit jantung

Tomat mengandung beberapa nutrisi penting seperti niacin, asam volat dan vitamin B6 yang berguna untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Studi menunjukkan wanita yang memakan 7- 10 buah tomat setiap minggunya 29% lebih rendah risikonya terkena penyakit jantung dibandingkan orang yang memakan kurang dari 1 buah tomat setiap minggunya.

Manfaat Buah Tomat untuk melindungi trombosis

Trombosis adalah gumpalan darah di pembuluh darah. Dengan meminum 8ons jus tomat setiap harinya terlihat pengurangan agregasi platelet secara signifikan.

Manfaat Buah Tomat untuk mencegah peradangan

Sebuah Studi menunjukkan bahwa meminum segelas jus tomat setiap harinya dapat mengurangi kadar TNF-Alpha sebesar 34%. TNF-Alpha adalah penyebab peradangan. TNF-Alpha juga ditemukan pada penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, kanker, osteoporosis dan Alzheimer.

 Demikianlah
Manfaat Buah Tomat

0 comments:

Post a Comment